Sinergi KSP/KSPPS dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan

KSP Mitra Dhuafa (Komida) telah mengikuti Forum Kordinasi Peningkatan Peran KSP/KSPPS Dalam Pembiayaan UMKM bertempat di Gedung Kementrian Koperasi Dan UKM (28/9). Forum ini menjadi momentum bersama awal pertemuan dengan Menteri Koperasi Dan UKM Bapak Teten Masduki, Dalam sambutannya Bapak Teten Masduki menekankan tentang pentingnya akselerasi Koperasi dan produk UMKM untuk berani tampil bersaing dengan produk luar negeri. Ikhtiar ini diwadahi melalui pemberdayaan komunitas umkm yang berkelanjutan yang ditopang dengan pelayanan digital (berbasis aplikasi / e-commerce).

Pada Forum ini juga diadakan diskusi penegasan tentang upaya penguatan UMKM untuk “Naik Kelas” dan “Go International” juga bagi seluruh Koperasi untuk siap berkompetisi menjadi Koperasi 4.0. Koperasi Dan UMKM diharapkan semakin siap berperan aktif untuk mewadahi Pembiayaan Yang difasilitasi Oleh PIP melalui program UMI (Ultra Mikro) juga LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir). Selain itu, pada forum ini Badan Wakaf Indonesia (BWI) mengajak KSP Dan KSPPS untuk berperan sebagai Nadzir untuk pengadaan Program “Wakaf Uang”. Program ini sebagai upaya transformasi sinergi kekuatan KSP, KSPPS & UMKM untuk meningkatkan kekuatan ekonomi dan fasilitasi bagi ummat yang berperadaban.

Pada kesempatan ini pula Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM, Ibu Yuana Sutyowati, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Komida menjadi pelopor Koperasi Penyalur Dana UMI Yang difasilitasi Oleh PIP, . Komida mengundang Ibu Siti Asmani selaku perwakilan dari anggota KSP Mitra Dhuafa sebagai penerima Piagam Manfaat Prmbiayaan Ultra Mikro (UMI), Piagam peenghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Koperasi Teten Masduki.

“Pembiayaan UMI ini sangat bermanfaat bagi kami, untuk pengembangan usaha juga memberi berkah bagi keluarga” ujar Ibu Asmani.

Hari ini menjadi momentum semangat baru bagi KSP Dan KSPPS khususnya, untuk bersinergi dalam memfasilitasi setiap anggota kian sejahtera yang bermuara pada meningkatnya kekutan pereknomian umat/rakyat (baca; ekonomi kerakyatan).

Leave a Reply

Apa yang bisa kami bantu?

Hubungi kami di kantor Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa atau kirimkan pertanyaan anda secara online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?