RAT Sebagai Komitmen Pengurus dan Anggota, Untuk Koperasi Kian Gemilang

Kamis (05/03) bertempat di Gedung Pandansari Bumi Perkemahan Wiladatika. KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) telah purna melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2019.

Pada RAT  kali ini, KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) mengundang hampir 800 anggota sebagai perwakilan dari seluruh anggotanya, termasuk 20 anggota penabung terbesar KSP Mitra Dhuafa.

Dengan mengusung tema tentang martabat dan keberlangsungan sejahteranya anggota, menjadi fokus utama KSP Mitra DHuafa (KOMIDA) untuk melangkah dan menebar kembali peran serta Koperasi dalam melayani kaum perempuan di seluruh kota dan daerah Indonesia. Oleh karenanya, semakin meningkatnya kesejahteraan anggota, maka pertembuhan perekonomian rakyat pun akan semakin meningkat.

Pada RAT KOMIDA ini, hadir pula perwakilan Kemenkop UKM Deputi Bidang Kelembagaan Bapak Rully Nuryanto, dalam sambutannya beliau menyampaikan “Berbicara ekonomi kerakyatan, harus berbicara tentang pemberdayaan & pengembangan Koperasi, sebab melalui wadah koperasi seluruh lapisan masyarakat akan berkesempatan memiliki badan usaha, pemerataan ekonomi kerakyatan sama halnya dengan komitmen akan pemberdayaan dan pengembangan koperasi”, menurutnya Jika koperasi dikelola dengan amanah dan professional akan berdampak manfaat bagi anggota dan masyarakat. Selain itu komitmen anggota menjadi kunci penting untuk tetap tegak berdirinya koperasi.

RAT; wadah aspirasi anggota dan ajang penghargaan bagi anggota serta karyawan berprestasi

Sepanjang acara dari awal hingga akhir berjalan dengan lancar, khidmat, penuh haru dan keceriaan. Forum Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini dipimpin langsung oleh salah satu anggota KSP Mitra Dhuafa, Ibu Imas (Cabang Rawamerta -Karawang) selaku Pimpinan Rapat dan Ibu Marinten (Cabang Cileungsi – Bogor) selaku sekretaris rapat, yang terpilih dari hasil Pra-RAT di berbagai Kabupaten dan daerah di Indonesia. Pada forum ini disampaikan pula  laporan kegiatan oleh Bpk Slamet Riyadi selaku pengurus KSP Mitra Dhuafa. KOMIDA telah melalui capaian keberhasilan dan perkembangan, dari berbagai program dan target selama tahun 2019, diantaranya; bertambahnya anggota KOMIDA hingga lebih dari 750.000 anggota, bertambahnya kantor cabang daerah hingga 287 Cabang, pencairan mencapai  8,39 T, Outstanding 1.49 T, Tabungan anggota mencapai 574 M, serta 4111 karyawan KSP Mitra Dhuafa yang semuanya berasal dari kalangan pemuda – pemudi Indonesia. Dari data capaian tersebut membuktikan KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) senantiasa berkomitmen dan berinovasi seiring berkembangnya perubahan zaman.

Pada kesempatan RAT ini pula, menjadi ajang pengumuman serta informasi bagi seluruh anggota dan karyawan KSP Mitra Dhuafa yang berprestasi. Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya KOMIDA memberi penghargaan kepada karyawan maupun anggota berupa ragam hadiah yang bermanfaat, juga hadiah utama berupa Umroh Bersama Komida secara gratis. Terdapat total delapan kategori terpilih yang berkesempatan untuk pergi umroh pada akhir Desember 2020 nanti secara gratis, diantara kategori yang dipilih adalah 20 Anggota Penabung Terbesar hingga Karyawan Terbaik Nasional KSP Mitra Dhuafa.

Pada acara RAT KOMIDA ini pula, diundang berbagai instansi perbankan serta partner yang senantiasa setia bahu – membahu mendorong KSP Mitra Dhuafa untuk terus tumbuh berkembang demi terciptanya kesejahteraan masyarakat seluruh Indonesia.

2020; Pengembangan Kapasitas Inovasi dan Kinerja Demi terciptanya Masyarakat sejahtera

Setelah berbagai capaian yang diraih KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) pada tahun 2019, bukan pula menjadi titik puas untuk tidak berinovasi pada tahun selanjutnya. Pada rencana tahun 2020 ini, KOMIDA berkomitmen untuk semakin meningkatkan berbagai kapasitas serta inovasi demi tercapainya masyarakat Indonesia mandiri dan sejahtera. Diantaranya keanggotaan KSP Mitra Dhuafa pada angka 900.000 anggota, total pencairan (disburstment) mencapai 11,4 T, bertambahnya kantor cabang hingga 320 kantor hingga total simpanan mencapai pada angka 900 M. Keseluruhan rencana kerja ini akan terealisasi didorong oleh seluruh karyawan yang akan mencapai hingga 6225 karyawan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, pada tahun ini terdapat pula usulan pembentukan Dewan Pengawas Syari’ah KSP Mitra Dhuafa, sebagai pemenuhan syarat salah satu wilayah dimana Lembaga keuangan mikro hingga koperasi yang harus berbasis syariah.

Akhirnya pada tahun 2020 ini, KOMIDA senantiasa optimis untuk menyongsong dan menyambut kegemilangan yang akan diraih melalui ragam inovasi serta produk demi terlahirnya kaum ibu yang mampu merubah derajat serta perekonimian keluarga semakin baik dan mendukung masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera.

KOMIDA; Peran serta Generasi MIlenial, Melayani Kaum Perempuan Pra-Sejahtera.

Sejak berdirinya KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) hingga saat ini, KOMIDA telah memberdayakan 4111 pemuda-pemudi di seluruh Indonesia, bagi KOMIDA seluruh karyawan ini bukanlah para pekerja yang mengais rejeki untuk masing-masing keluarga semata, lebih dari itu mereka adalah ujung tombak penebar harapan baru, mereka adalah kekuatan yang menopang harapan seluruh ibu, untuk mengais setiap serpihan doa serta harapan akan kesejahteraan dari perih dan terjalnya arus kehidupan, mereka adalah pemegang estafet harapan. Mereka adalah para Ksatria KOMIDA , pemimpin masyarakat dan pembela kaum lemah.

KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) telah berhasil mengajak generasi milenial untuk berperan aktif dalam mengelola dan memberdayakan anggota melalui tangan-tangan penuh harapan, tangan yang penuh dengan semangat menyongsong masa depan, berkomitmen dan memberi peran diberbagai aspek perkoperasian telah memberdayakan pemuda-pemudi untuk berperan aktif sebagai penggerak Koperasi Mitra Dhuafa. yang berada di seluruh penjuru Indonesia.

Leave a Reply

Apa yang bisa kami bantu?

Hubungi kami di kantor Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa atau kirimkan pertanyaan anda secara online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?