Koperasi menjadi sekolah kehidupan bagi anggotanya

Manfaat Koperasi Kredit itu nyata dan tepat bagi pemberdayaan masyarakat saat ini. Besar atau kecilnya, kita tidak boleh menampik bahwa keberadaan koperasi telah merubah hidup sebagian orang. Sebagian masyarakat telah diberikan harapan kehidupan yang jauh lebih baik dari keadaan kondisi sulit yang dihadapi dalam kehidupan nyata saat ini. Kesejahteraan sejati anggotanya juga mampu di tuntun dan dipastikan oleh koperasi.

Memang pengembangan lembaga Manfaat Koperasi Kredit masih dirasa tidak telalu mudah. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Harapan-harapan yang telah disusun dalam business plan atau program kerja terkadang berbeda 180 derajat dengan fakta-fakta yang sebenarnya terjadi di lapangan. Namun tetap, semua itu harus disyukuri. Suka duka dalam pelaksanaan merupakan sebuah dinamika dalam pengembangan.

Terkadang dalam koperasi kredit ditemukan permasalahan anggota yang ketika meminjam bersemngat namun ketika dalam membayar ada saja kendalanya, hal ini tidak perlu dijadikan beban yang berlebihan tetapi harus disikapi secara baik. Memang membangun masyarakat untuk mendapatkan keadaan yang lebih baik itu tidak mudah. Dari pihak koperasi kredit harus terus dan selalu memotivasi masyarakat dan anggotanya untuk menjadi orang yang lebih baik dan terus lebih baik setiap harinya. Sebagai pemberdaya dan pengembangan sosial ekomnomi di msyarakat, proses ini merupakan bagian dan saksi hidup yang sedang dijalankan oleh koperasi kredit.

Koperasi kredit yang ada di Indonesia seharusnya tidak terfokus pada jalan kapitalis. Walaupun memang tujuan dari setiap anggotanya adalah membangun impian di bidang financial atau keuangan. Yang perlu diingat adalah keuangan bukan segalanya, tapi juga membangun mental dan spritual dalam memiliki dan mengelola keuangan. Koperasi kredit harus mampu membantu setiap anggotanya untuk menjalaninya secara seimbang. Koperasi kredit juga seharusnya tidak bersifat sosial, akan tetapi lebih popolis humanis.

Anggota yang menjadi obejek koperasi kredit harus menjadi objek yang paling penting untuk diberdayakan. Tidak hanya semata-mata uang atau harta benda, tetapi lebih pada nilai-nilai kemanusiaan dan kebaikan bersama. Koperasi kredit seharusnya tidak hanya berjalan pada transaksi bisnis, tapi juga menjadi sekolah kehidupan untuk setiap anggotanya. Saling belajar, saling membantu, saling mempercayai dan dipercayai, saling berbagi, saling perduli dan bekerjasama seharusnya bisa didapatkan dalam koperasi kredit.

Leave a Reply

Apa yang bisa kami bantu?

Hubungi kami di kantor Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa atau kirimkan pertanyaan anda secara online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?