Koperasi Harus Mengadopsi Semangat Revolusi Industri 4.0

Dalam modern saat ini, koperasi dinilai perlu mengikuti perkembangan zaman agar tidak tidak tergerus dan tinggal nama.  Koperasi juga diharapkan dapat mengadopsi semangat Revolusi Industri 4.0. Di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, para pengelola koperasi diharapkan dapat merubah mental dan sikap agar dapat mengikuti alur zaman yang sudah menggunakan teknologi digital.

Pemanfaatan teknologi dalam industri koperasi saat ini dirasa masih belum maksimal. Digitalisasi yang dilakukan oleh pengelola koperasi masih hanya sebatas untuk keperluan internal lembaga, belum menjamah hingga untuk keperluan pemasarann. Edukasi digitilasisasi perlu dilakukan koperasi kepada setiap anggotanya. Pola pikir anggotanya harus dibantu untuk dirubah, jangan karena alasan sudah berumur atau tua maka mengambil sikap untuk tidak mau menerima sesuatu yang baru.

Pengetahuan dan keterampilan dalam memahami digitalisasi harus diupayakan dari hampir semua aspek, baik dari segi produknya, segi jasa, hingga pada tingkatan manajemen. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi digital saat ini telah mengubah banyak hal. Jika koperasi tidak mau berkembang dan mendigitalisasi, maka ditakutkan daya saingnya akan jauh tertinggal. Loyalitas anggota koperasi saat ini dinilai bersifat transaksional, sehingga lembaga koperasi akan kesulitan mengharapkan loyalitas anggota secara utuh. Maka harus ada yang diberikan oleh manajemen.

Salah satu caranya adalah dengan menjalanakan semangat revolusi industri 4.0. Semangat ini dalam dunia koperasi bisa dijalankan dengan menggaet generasi-genaerasi muda untuk masuk dan menangani koperasi. Generasi muda saat ini dinilai lebih dekat dengan dunia digital jika dilihat dari peran kehidupan sehari-hari. Dengan mengikutsertakan anak muda dalam dunia koperasi, maka diharapkan koperasi yang biasanya identik dengan lembaga yang tidak menarik akan berangsur-angsur menghilang. Selain itu koperasi juga jadi bisa lebih mudah mengikuti kebutuhan konsumen, terutama generasi milenial.

Hal penting yang harus diperhatikan oleh koperasi dalan era Revolusi Industri 4.0 adalah dengan tidak mengkotak-kotakan diri. Koperasi diharapkan bisa merambah semua bidang yang dapat diikuti oleh pengelola dan pengurus koperasi. Sehingga kepuasan anggota bisa didaptakan secara menyeluruh

Leave a Reply

Apa yang bisa kami bantu?

Hubungi kami di kantor Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa atau kirimkan pertanyaan anda secara online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?