Koperasi Mitra Dhuafa

Mitradhuafa.com (14/12),–¬†Gempa bumi Cianjur 5,6 magnitude, masih menyisakan puing harapan yang harus kita bangun bersama. 300 lebih korban meninggal, ribuan rumah rusak terkoyak, bukan berarti menjadikan masyarakat putus harapan.
Cianjur menjadi salah satu wilayah besar KOMIDA dalam melakukan kegiatannya. Tercatat lebih dari 7000 anggota terhimpun dari 3 kecamatan yang terdampak bencana, yaitu; Warungkondang, Cugenang dan Pacet. KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) melalui program aksi gerakan kemanusiaan KOMIDA Peduli, menelusuri berbagai posko korban maupun masyarakat yang terdampak Gempa Cianjur ini.

Tercatat 280 titik sasaran yang akan dituju oleh tim KOMIDA Peduli dalam menyalurkan bantuan untuk seluruh anggota KOMIDA maupun masyarakat yang terkena musibah ini.

KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) melalui gerakan sosial KOMIDA Peduli, melakukan gerakan gotong royong kemanusiaan kepada korban dan masyarakat yang terdampak gempa bumi Cianjur. Dari data yang telah KOMIDA himpun, tercatat 7224 anggota KOMIDA yang menjadi korban, selain itu baik rumah maupun keluarga dari 42 karyawan KOMIDA pun menjadi korban dan terdampak bencana ini.

Keceriaan anak-anak yang terdampak gemba, tengah mengikuti fun game di salah satu Pokso Bencana Gempa di Warungkondang

Gerakan KOMIDA Peduli ini adalah bentuk kecil kesadaran bersama ikatan segenap keluarga KSP Mitra Dhuafa, baik dari anggota, karyawan dan juga pihak kelembagaan dari KSP Mitra Dhuafa.

“Sebelumnya kami dari KOMIDA menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada korban maupun yang terdampak gempa Cianjur. Semoga Allah SWT memberikan kita kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi bencana ini” ucap Abdul Manaf selaku Ketua Tim Kemanusiaan KOMIDA Peduli.

Aksi Kemanusiaan KOMIDA Peduli ini, menjadi harapan dan pelayanan KOMIDA untuk selalu mampu menjadi perekat ikatan kekeluargaan KSP Mitra Dhuafa. KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA) telah dirasakan manfaatnya secara berasama baik untuk karyawan maupun anggota. KOMIDA Peduli adalah rangkaian gerakan kecil untuk sedikit meringankan beban masyarakat baik secara fisik maupun mental.

Kebersamaan dan bantuan seperti ini senantiasa ditunggu oleh saudara kita di Cianjur yang tetap tangguh dalam menghadapi musibah ini. “Membangun kekuatan dengan tekad dan kepasrahan kepada Sang Pemilik kehidupan. Memberi semangat dan harapan bagi korban, menjadi tugas kami selanjutnya” tegas Abdul Manaf disela-sela kunjungan memberikan donasi.


Melalui KOMIDA Peduli pada tahap pertama kedaruratan ini, KOMIDA telah menyalurkan total dana bantuan sebesar Rp 430 juta lebih, dimana Rp 210 juta disalurkan kepada 42 karyawan yang menjadi korban dan terdampak, juga bantuan Rp 200 juta lebih untuk kemanusiaan yang disalurkan langsung ke 280 titik yang tersebar di 3 Kecamatan yang menjadi pusat bencana, yaitu Cugenang, Warungkondang dan Cipanas-Pacet, juga Mande kecamatan yang ikut terdampak gempa bumi.

Aksi peduli KOMIDA ini merupakan langkah awal, dimana akan dilanjutkan dengan tahap aksi Pemulihan 1 dan Pemulihan 2 yang akan berfokus pada pemenuhan hunian sementara bagi para korban dan terdampak.

Cianjur, do’a dan kekuatan kami selalu menyertai. Semoga seluruh korban jiwa diterima di sisi Allah SWT, dan segenap harapan kami tumpahkan untuk Cianjur bangkit bersemi kembali.





Leave a Reply