Keuntungan dan kekurangan meminjam modal di koperasi

Salah satu solusi bagi orang yang membutuhkan modal pinjaman untuk berbisnis adalah melalui Koperasi. Mendapatkan modal pinjaman di koperasi syaratnya tidak terlalu sulit dibandingkan dengan meminjam di bank. Dengan hanya perlu menjadi anggota koperasi kemudian dapat mengajukan pinjaman sesuai dengan yang dibutuhkan.

Berikut adalah kelebihan meminjam modal di koperasi

1. Mudah
Mekanisme peminjaman modal di koperasi jauh lebih mudah dibandingkan dengan peminjaman di bank.

2. Proses Cepat
Salah satu kelebihan yang dimiliki koperasi dan kecil kemungkinan di dapatkan di perbankan adalah proses yang cepat. Meminjam lewat koperasi biasanya persyaratanya sangat mudah dan waktu yang dibutuhkan untuk pencairan dana sangat cepat, bahkan ada beberapa pinjaman yang bisa langsung cair saat itu juga.

3. Tanpa Jaminan
Walaupun tidak semua koperasi menerapkannya, ada beberapa lembaga koperasi yang memudahkan anggotanya meminjam tanpa jaminan atau anggunan dengan nominal tertentu. Sehingga ini dapat menjadi pilihan bagi peminjam yang tidak mempunyai barang berharga untuk dijadikan jaminan.

4. Suku bunga rendah
Karena fungsi utama dari berdirinya koperasi adalah mensejahterkan kepada semua anggotanya, maka biasanaya suku bunga yang diberikan akan lebih rendah dari perbankan atau multifinance.

Namun dibalik semua kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa kekurangan yang dimiliki koperasi yang mungkin bisa menjadi bahan penilaian.

1. Keterbatasan modal
Untuk Koperasi yang baru berdiri, sudah dipastikan akan kesulitan untuk mendapatkan modal, yang mengakibatkan pengajuan pinjaman yang bisa diproses masih terbatas.

2. Daya Saing Lemah
Memang tidak dipungkiri hingga masa kini, badan usaha keuangan yang sering terpatri di masyarakat hanyalah perbankan. Masih sangat jarang masyarkat yang memahami dan mengetahui tentang koperasi kecuali hanya dalam catatan teori.

3. Kesadaran Anggota yang Lemah
Mensejahterkan anggotanya merupakan tujuan utama didirkannya koperasi, akan tetapi masih banyak anggota yang memiliki kesadaran yang rendah terhadap koperasi yang menjadi naungannya, terutama tentang pentingnya iuran wajib anggota koperasi.

Leave a Reply

Apa yang bisa kami bantu?

Hubungi kami di kantor Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa atau kirimkan pertanyaan anda secara online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?