Bahagia-Sehat Bersama; Menebar Manfaat Kesehatan bersama KADER KESEHATAN KOMIDA

KOMIDA Petir – Serang, 10/8,–  Opportunity International Australia atau lebih dikenal dengan Oi, berkesempatan berkunjung ke Indonesia dalam rangka meninjau perkembangan program Kader Kesehatan atau KHF (KOMIDA Health Facilitator) yang diadakan oleh KSP Mitra Dhuafa  bertempat di wilayah kerja KOMIDA Cabang Petir, Serang – Banten.

Mengawali kunjungan ke Puskesmas Petir, tim Kesehatan KOMIDA bersama OI Australia mendatangi langsung Kepala Puskesmas Petir Bapak Agus Kusumah. Kunjungan ini berlangsung hangat, saling berbagi informasi tentang keadaan kesehatan di lingkungan kecamatan Petir serta saling memberi dukungan penuh akan program KOMIDA yang  berkaitan dengan kesehatan.

“Harapan kami, kader bisa langsung menjadi aktor terdepan dalam penyampaian kesehatan, serta masyarakat mampu mengaplikasikan manfaat dan menjaga kesehatan minimal di lingkungan keluarga” pungkas Agus Kusumah selaku Kepala Puskesmas Petir.

Selain itu harapan kami forum kader posyandu bisa ikut berperan aktif dalam program KOMIDA ini. Kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan kemandirian kesehatan ditengah masyarakat mampu berjalan dengan baik”.

Suasana semakin ceria ketika Tim Kesehatan dan OI Australia, menyengaja berkunjung dan  menyaksikan langsung bagaimana penerapan informasi kesehatan bagi anggota dan masyarakat.

Dari pelatihan yang saya dapatkan saya mampu menerapkan tentang manfaat kesehatan khususnya untuk keluarga saya sendiri, terlebih bagi teman-teman anggota KSP Mitra Dhuafa” Ita Rosita (Kader Kesehatan -Anggota KOMIDA Cabang Petir)

 Saya sangat senang mengikuti kegiatan Kader Kesehatan ini, kegiatan ini bukan sekedar manfaat saja, memahami dan mengaplikasikan hidup sehat merupakan kewajiban yang harus dipahami ditengah masyarakat, tentunya agar masyarakat kian tumbuh dalam kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani. (Juliawati – Kader Kesehatan – Anggota KOMIDA Cabang Petir)

Annie Wang (Direktur Kesehatan dan Keselamatan Perempuan-Oi Australia) dan Tracy Yuen tidak sungkan untuk berbaur menyapa anggota KOMIDA, ditengah monitoring evaluasi, ia memberikan Origami berbentuk burung kepada anak-anak anggota, tentunya menambah keceriaan bagi anak-anak dan keakraban seluruh ibu anggota.

Bagi anggota KOMIDA,  program Kader Kesehatan ini sangat penting untuk selalu diadakan di tengah masyarakat pedesaan.                                               

Program Kader Kesehatan KOMIDA atau KHF (KOMIDA Health Facilitator)  ini didukung penuh oleh Opportunity International Australian dan Australia Aid. KOMIDA telah meluluskan hampir dari 3 angkatan kader Kesehatan yang hingga saat ini tersebar di 12 Kantor Cabang dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kegiatan monitoring ini, menjadi bukti keseriusan KOMIDA dalam melayani anggota, tentunya dalam hal ini memfasilitasi anggota agar tercerahkan pengetahuannya tentang manfaat kesehatan dan praktek hidup sehat.


KOMIDA dan Opportunity International Australia, akan terus berkesinambungan bersinergi melahirkan generasi kader kesehatan yang mumpuni dan mampu mempraktekan minimal ditengah lingkungan keluarga.



Leave a Reply