4 Alasan Mengapa Harus Menabung Di Koperasi Kredit

Koperasi redit Atau Credit Union sudah dikenal sejak abad ke 19 di Negara Jerman.Walikota Flammers field, Jerman Barat yang bernama Friedrich Wilhelm Raiffeisen mencetuskan ide untuk membantu orang miskin di wilayahnya.
Orang tersebut menghimbau kepada masyarakat yang lebih mampu atau orang-orang kaya untuk mengumpulkan dan dan disumbangkan kepada orang miskin. Keputusan yang diambil oleh walikota ini ternyata tidak memecahkan masalah kemiskinan. Banyak sekali orang yang mendapatkan sumbangan tersebut memboroskan uangnya agar segera mendapatkan bantuan lagi.

Dari pengalaman tersebut, Friedrich Wilhelm Raiffeisen mengambil kesimpulan bahwa kesulitan orang miskin hanya dapat diatasi oleh orang miskin itu sendiri. Akhirnya keputusan lain dibuat, bahwa orang-orang miskin di wilayahnya harus mengumpulkan uang secara bersama-sama dan kemudian meminjamkannya kepada sesama orang miskin juga.
Pinjaman yang didapatkan nantinya harus dipergunakan untuk penggunaan yang produktif dan menghasilkan. Jaminann pinjaman adalah watak si peminjam. Ide ini diwujudkan Friedrich Wilhelm Raiffeisen bersama dengan kaum buruh dan petani miskin dengan membentuk koperasi kredit atau Credit Union, yaitu kumpulan orang-orang yang saling percaya.

Di Negara Indonesia sendiri sudah banyak keberadaan koperasi kredit baik yang kecil maupun yang besar. Dengan masuknya koperasi kredit ini di Indonesia, maka secara tidak langsung menunjukan adanya kelebihan yang dimiliki oleh koperasi kredit ini.

Kelebihan yang pertama adalah semangat dasar yang dimiliki oleh koperasi kredit. Semangatnya adalah saling membantu, yang kaya membantu yang miskin agar keluar dari kemiskinannya, lalu sebaliknya yang miskin membantu yang kaya.  Materialisme dan egoisme kaum kaya bisa keluar dengan bantuan dari kaum miskin. Kaum miskin perlu memberikan kesadaran kepada kaum kaya agar hatinya tidak selalu tertuju pada harta kekayaan dan tidak perduli terhadap kemiskinan sesamanya.

Yang Kedua, Koperasi kredit mengajarkan anggotanya untuk memiliki sikap jujur dan berintegritas. Anggotanya harus memiliki niat baik dalam menabung di koperasi kredit. Dalam meminjam, anggotanya juga harus mampu mengembalikan pinjamannya tepat waktu sesuai dengan kesepakatannya saat mengajukan pinjaman.

Karena semangat dasar koperasi kredit adalah semangat membantu, makan pada kelebihan yang ketiga, koperasi kredit tidak akan memeras anggotanya, buka pinjaman dan bunga simpanan akan diatur secara bijaksana. Uang simpanan anggotapun akan dijaga secara maksimal yang membuat nilainya tidak berkurang, malah dapat bertambah.

Kelebihan yang keempat, Anggota yang bergabung dengan koperasi kredit, sebelum dapat menyimpan dan meminjam uang, maka perlu mengikuti proses training sebagai pendidikan dasar. Hal ini membantu para calon anggota dalam memahami dengan benar tentang semangat dasar koperasi kredit. Selain itu juga ini bertujuan agar calon anggota memahami dan tidak salah kaprah dalam menyimpan dan meminjam uang di koperasi kredit.

Semua kelebihan itu harus juga dijaga oleh para Koperasi Kredit yang ada , agar koperasi kredit bisa menjadi tempat menabung yang aman dan kredibel bagi semua orang yang menginginkan bantuan dan bagi semua orang yang ingin membantu oleh anggota yang berkekurangan.

Leave a Reply

Apa yang bisa kami bantu?

Hubungi kami di kantor Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa atau kirimkan pertanyaan anda secara online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?