Syarat dan Ketentuan Lomba

KOMPETISI KISAH INSPIRASI AIR-SANITASI KOMIDA

KOMIDA bekerjasama dengan Water.org dalam menyediakan pembiayaan air-sanitasi untuk para anggota agar mendapatkan akses air bersih dan sarana sanitasi yang layak untuk para anggotanya. Berbagai kemudahan dan cerita menarik yang dirasakan para anggota setelah mengakses pembiayaan air dan sanitasi KOMIDA. Dengan demikian KOMIDA dan Water.org mengundang para kesatria dan pejuang KOMIDA di cabang untuk membuat kisah sukses dan menarik dalam “Kompetisi Kisah Inspirasi Air-Sanitasi KOMIDA” sebagai inspirasi dan membangkitkan semangat dalam mengimplementasikan pembiyaan air-sanitasi di lapang.

 

Tema dalam kompetisi ini adalah #KISAH INSPIRASI AIR-SANITASI. Terdapat 2 kategori yang dilombakan dalam kompetisi ini. Yaitu:

  1. Kategori lomba Video Inspirasi Air-Sanitasi

Kategori Video kisah Inpisrasi mengundang tim cabang untuk dapat berkreasi membuat video singkat dari kisah sukses/ inspirasi anggota, yang mengakses pembiayaan air-sanitasi di cabang tersebut (1 video per cabang). Hadiah pemenang untuk kategori lomba video inspirasi yaitu:

  • Hadiah juara 1 kategori lomba video inspirasi: Rp 3.000.000,-
  • Hadiah juara 2 kategori lomba video inspirasi: Rp 2.000.000,-
  • Hadiah juara 3 kategori lomba video inspirasi: Rp 1.000.000,-
  1. Kategori lomba Foto dan Menulis kisah Inspirasi Air-Sanitasi

Kategori lomba tuliasn narasi kisah Inpisrasi mengundang tiap individu yang di tingkat cabang (Staf lapang/MIS/Admin/Manajer Cabang) untuk menulis cerita sukses dan menginspirasi dari anggota yang mengakses pembiayaan air-sanitasi di cabangnya. Hadiah pemenang untuk kategori lomba tulisan Narasi inspirasi yaitu:

  • Hadiah juara 1 kategori lomba menulis kisah inspirasi: Rp 1.500.000,-
  • Hadiah juara 2 kategori lomba Menulis kisah inspirasi: Rp 1.000.000,-
  • Hadiah juara 3 kategori lomba Menulis kisah inspirasi: Rp 500.000,-

Pengumpulan Kompetisi kisah inspirasi dimulai sejak tanggal 16 Desember 2019 hingga 31 Januari 2020. Pemenang akan diumumkan pada Rapat RAT tahun buku 2019.

 

TERM OF REFERENCE

 

A. KETENTUAN LOMBA DAN TEMA KOMPETISI 

1.Ketentuan Umum

  1. Kompetisi ini diselenggarakan oleh KOMIDA dan Water.org, sebagai salah satu inspirasi dan membangkitkan semangat dalam mengimplementasikan pembiyaan air-sanitasi di lapang.
  2. Kompetisi ini terbuka untuk karyawan Koperasi Mitra Dhuafa di tingkat cabang, dan memenuhi ketentuan-ketentuan mengenai kepesertaan yang diuraikan lebih rinci di bawah.
  3. Dalam kompetisi ini peserta tidak akan dipungut biaya apapun (GRATIS)
  4. Seluruh Video, Artikel dan Foto yang didaftarkan/dikirimkan/diunggah di website mitradhuafa.com sepenuhnya menjadi hak miliki Koperasi Mitra Dhuafa.
  5. Panitia berhak mempublikasikan artikel dan foto peserta kompetisi dalam website resmi dan publikasi internal lainnya pasca penentuan pemenang.

2. Tema

Tema kompetisi ini adalah “KISAH INSPIRASI AIR-SANITASI” yang dapat ditinjau dari cerita sukses atau menginspirasi dari anggota yang mengakses pembiayaan air-sanitasi di cabang Koperasi Mitra Dhuafa

 

B. PERSYARATAN PESERTA KOMPETISI

  1. Peserta kompetisi kategori video adalah Cabang (1 tim cabang adalah 1 peserta) Koperasi Mitra Dhuafa yang telah menjalankan pembiayaan air-sanitasi di cabang tersebut. Sedangkan kategori menulis kisah inspirasi adalah terbuka untuk masing2 individu di level cabang (Manajer cabang/ Asmen/ Admin/ MIS/ Staflapang).
  2. Peserta harus follow akun sosial media Komida Official

 

C. KETENTUAN DAN TEKNIS KOMPETISI

1. Ketentuan Kompetisi Kategori Video:

  1. Setiap peserta diwakili cabang hanya dapat mengirimkan 1 (satu) Video.
  2. Video di upload ke youtube dan Url Youtube dikirimkan melalui website mitradhuafa.com/submit-video
  3. Format Judul subject youtube KOMIDA_Judul Video_Nama Cabang
  4. Kualitas Video High Definition (HD) atau minimal 1280×720 pixel
  5. Video yang menggunakan bahasa daerah diwajibkan untuk memiliki teks terjemahan (subtitle) bahasa Indonesia dengan menggunakan font berwarna putih.
  6. Tidak memakai watermark
  7. Durasi video minimal 2 menit dan maksimal 5 menit
  8. Url video diterima paling lambat tanggal 31 Januari 2020 pukul 24:00

 

2. Ketentuan Kompetisi Kategori Foto dan Narasi:

  1. Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar (sesuai EYD).
  2. Menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.5
  3. Panjang tulisan minimal 500 kata dan maksimal 800 kata. Artikel bisa dikirim dalam bentuk PDF atau MS Word (doc/docx).
  4. Setiap peserta hanya dapat mengirimkan 1 (satu) artikel.
  5. Narasi yang dikirim beserta foto yang dilombakan di upload terpisah di website komida. Artikel dan foto tidak disatukan dalam 1 file (contoh tidak dalam satu file ms.word)
  6. Kualitas Foto High Definition (HD) atau minimal 1280×720 pixel tanpa melalui proses editing tambahan. Serta menghilangkan watermark dari merek handphone atau device yang digunakan untuk memotret.
  7. Salah satu foto yang di upload harus menyajikan Anggota dalam keadaan sendiri yang sedang memegang buku anggota bersama dengan fasilitas dari hasil pembiayaan Air dan Sanitasi. Foto anggota harus tersenyum, tidak diperkenankan foto berupa selfie
  8. Semua foto dan narasi tersebut dikirimkan melalui website mitradhuafa.com/submit-artikel
  9. Format nama file narasi yang di upload : NAMA STAFF_NIK_NAMA CABANG
  10. Artikel diterima paling lambat tanggal 31 Januari 2020 pukul 24:00

 

D. KRITERIA KOMPETISI VIDEO DAN TULISAN

  1. Video dan tulisan artikel bersifat orisinal dan belum pernah diikutsertakan di ajang kompetisi maupun kompetisi serupa.
  1. Video dan tulisan bebas dari segala unsur SARA, unsur-unsur yang bertentangan dengan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) beserta segala bentuk peraturan perundang-undangannya.
  2. Konten video dan tulisan wajib menjaga nama baik lembaga dan orang-orang yang terlibat didalamnya

 

E. KETENTUAN LAINNYA

1. Penjurian

  1. Dewan Juri Kompetisi Penulisan Artikel Kisah Inspirasi Air-Sanitasi ini akan terdiri dari unsur-unsur Staf Profesional dan Manajemen Koperasi Mitra Dhuafa
  2. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  3. Penilaian dan nominasi pemenang Kompetisi Penulisan Artikel Kisah Inspirasi Air-Sanitasi akan mengacu kepada kriteria berikut:

2. Kriteria Penilaian

  1. Orisinalitas karya
  2. Relevansi dengan tema Artikel Kisah Inspirasi Air-Sanitasi
  3. Kontribusi inovatif
  4. Gaya bahasa dan komunikasi yang populer
  5. Unsur penulisan (EYD)

3. Penetapan Calon Pemenang

  1. Penetapan Calon pemenang dilaksanakan oleh Dewan Juri berdasarkan urutan penilaian tertinggi
  2. Pemenang akan dihubungi oleh Pihak Manajemen Koperasi Mitra Dhuafa. Informasi mengenai Pemenang akan disampaikan melalui saat RAT nasional Koperasi Mitra Dhuafa Tahun Buku 2019.