PULIH BERSAMA; VAKSIN TERBUKA UNTUK KELOMPOK RENTAN

PULIH BERSAMA; VAKSINASI TERBUKA KELOMPOK RENTAN (LANSIA, KOMORBID DAN IBU HAMIL)

mitradhuafa.com– KSP Mitra Dhuafa atau dikenal KOMIDA adalah Koperasi Simpan Pinjam yang melayani perempuan berpendapatan rendah agar mampu berdaya dan mampu mensejahterakan keluarga dan masyarakat Indonesia. KSP Mitradhuafa telah berdiri sejak tahun 2005 dan telah melayani perempuan di berbagai pelosok di 11 provinsi di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Nusa tenggara Timur.

 KOMIDA telah bekerjasma dengan Adventist Development and  Relief  Agency (ADRA Indonesia) sebagai organisasi kemanusiaan global yang melakukan berbagai proyek dan inisiatif berfokus pada tanggap kedaruratan (emergency response), kesehatan, pendidikan dan ketahanan pangan. Yayasan (ADRA) Indonesia telah berdiri sejak tahun 1981 dan melayani masyarakat yang paling rentan tanpa membedakan latar belakang suku, ras, agama dan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. 

 

KOMIDA dan ADRA Indonesia mendukung penuh upaya pemerintah dalam proses percepatan vaksinasi bagi kelompok rentan, khususnya vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia), diffable dan kelompok seksual minoritas di Indonesia khususnya di Aceh,  Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, NTT, Papua dan Papua Barat. Maka KOMIDA dan ADRA bersama dengan konsorsium CANDO (CWS, CRS, UW) pada saat ini kami menjalankan sebuah program percepatan vaksinasi bagi kelompok rentan  melalui program   “PULIH  BERSAMA”  hingga  Desember  2022. Upaya ini pula sebagai langkah nyata mitigasi menghadapi gelombang baru Covid-19, yang sedang dan akan dihadapi.

Program Pulih Bersama yang didanai oleh Pemerintah Australia melalui AHP (Australian Humanitarian Partnership) ini  berfokus pada 3 (tiga) komponen utama, yaitu :

1. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik kelompok rentan  (lansia, diffabel, ODK, Ibu hamil) terhadap masalah dan dampak pandemik Covid-19 .

2. Meningkatkan  akses vaksinasi  bagi kelompok rentan  (lansia, diffabel, ODK,  ibu hamil).

3. Kelompok rentan dapat mengakses layanan konsultasi  kesehatan dan dukungan psikososial.

Oleh  karena itu, KOMIDA dan ADRA melakukan kerja sama dengan Puskesmas yang terdekat dengan kantor cabang, salah satunya dengan pihak Puskesmas Cigudeg untuk mengadakan Vaksinasi Massal di wilayah KOMIDA Cabang Cigudeg. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 21 Juli 2022 dengan jumlah pserta yang hadir sebanyak 25 orang. Pesertanya adalah anggota KOMIDA sendiri dan masyarakat umum yang antusias menyambut kegiatan ini. Sebagai bentuk apresiasi bagi peserta vaksinasi adanya pemberian bingkisan berupa minyak goreng.

(report by : muhdar)