6 Manfaat Menjadi Anggota Koperasi

Koperasi Simpan Pinjam menjadi salah satu unit yang kini tengah marak dikembangkan oleh pemerintah. Dibandingkan model klasik semacam perbankan, model entitas keuangan non bank seperti koperasi dirasa lebih efektif dalam menyokong ekonomi rakyat, dengan sistem permodalan dan aktivitas yang berpusat pada kesejahteraan anggotanya.

Jumlah koperasi di Indonesia diperkirakan mencapai ratusan ribu, akan tetapi jumlah masyarakat yang sadar akan keberadaan koperasi masih sangat sedikit, ini di tandai dengan dengan masih jumlah masyarakat yang bergabung dengan koperasi masih bisa di bilang tidak banyak. Padahal dengan bergabung menjadi anggota koperasi, akan memberikan manfaat baik itu dibidang ekonomi maupun di bidang sosial baik bagi dirinya maupun untuk orang lain. Diantaranya berikut adalah manfaat tersebut :

1. Mendapatkan Pinjaman Dengan Mudah
Untuk anggota yang memiliki kesulitan dalam hal keuangan, koperasi bisa menyediakan pinjaman modal dengan mudah tanpa disertai syarat yang menyusahkan.

2. Menumbuhkan sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab
Masing-masing anggota koperasi akan diberikan hak dan kewajiban, sehingga akan membuat setiap anggota berlaku disiplin dan tanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugas dan kewajibannya.

3. Melatih sikap mandiri
Keberadaan koperasi akan membuat anggotanya lebih mandiri. Anggota bisa mencari uang sendiri dengan berusaha tanpa harus menggantungkan pendapatan dari orang lain.

4. Menumbuhkan Sikap Jujur Dan Terbuka
Anggota koperasi biasanya diajarkan untuk selalu bersikap jujur dalam melakukan usaha, tidak hanya itu koperasi juga mengedepankan sifat terbuka dalam pengelolaan koperasi.

5. Mendapatkan ilmu berorganisasi
Biasanya sebagian anggota koperasi akan mendapatkan peran yang merangkap sebagai pengurus koperasi, sehingga dari menjadi pengurus tersebut mendaptkan ilmu berorganisasi.

6. Mendapatkan bagi hasil yang adil
SHU merupakan keuntungan usaha yang dibagi sesuai dengan aktifitas ekonomi anggota koperasi. Sehingga besaraan SHU yang diterima oleh setiap anggota akan berbeda karena pihak koperasi memberikan hasil sesuai dengan seberapa besar anggota tersebut menabung atau kontrubusinya

Dengan manfaat-manfaat tersebut, Koperasi diharapkan dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai dan tentram. Dikarenakan asas koperasi itu sendiri yang berlandaskan kekeluargaan. Selain itu diharapkan tujuan koperasi untuk mensejahterakan anggotanya dapat terwujud.

Leave a Reply

Apa yang bisa kami bantu?

Hubungi kami di kantor Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa atau kirimkan pertanyaan anda secara online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?