SEMUA UNTUK PERMATA HATI

Seorang ibu yang berhati mulia ini biasa melakukan kegiatan kesehariannya di sawah. Beliau menjadi seorang buruh harian untuk membantu meringankan beban suaminya. Setiap pagi, menyiapakan sarapan dan keperluan sekolah anaknya sudah menjadi agenda wajib. Beliau kini sudah dikaruniai 3 orang anak dan sudah bersekolah. Ibu Yeni namanya yang sudah menjadi anggota KOMIDA sejak 1,5 tahun yang lalu. Berangkat dari ajakan tetangganya, beliau sudah merasakan kenyamanannya bergabung menjadi anggota KOMIDA dengan pelayannya dan produk yang ditawarkannya begitu bermanfaat. Berasal dari center Dahlia (Nomor 110) Cabang Cikalongkulon.

Ibu Yeni tinggal Kampung Cisewu, Desa Cirama Girang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. Di kampungnya, sungai yang tidak jauh dari kampungnya itu telah berubah fungsi dan menjadi tempat pembuangan akhir bagi masyarakat disana. Baik dari limbah dapur maupun limbah dari WC, hampir semua warga disana menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan akhir. Beliau menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan. Apalagi aparat setempat sudah mengkampanyekan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih yang menjadikan kesehatan masyarakat disana akan terjaga. Dan kampanye itu ternyata sudah disampaikan sejak lama. Namun baru-baru ini memang sedang gencar-gencarnya akan hidup bersih.

Sejak saat itu, ibu Yeni teringat akan kesehatan anaknya yang didasari atas kampanye tersebut. Beliau paham betul bahwa sehat itu mahal dan kesehatan anaknya adalah hal utama dalam keluarganya. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan gangguan kesehatan. Sudah sejak 7 tahun silam beliau menempati rumahnya bersama-sama suami beserta anaknya, beliau belum mempunyai wc sama sekali. Setiap pagi dan sore ibu Yeni mengajak anak-anaknya untuk mengunjungi rumah mertuanya untuk sekedar mandi dan BAB. Dan ini memang sudah menjadi sebuah kebiasaan yang beliau jalani selama ini.

Sebelumnya ibu Yeni merasa biasa dengan kesehariannya, namun sering melintas dalam pikirannya untuk memiliki wc pribadi. Lambat laun keinginannya ini menjadi sebuah tekad yang kuat untuk membangun sebuah WC yang layak demi kesehatan keluarganya sendiri. Dengan demikian beliau membulatkan niat baiknya ini untuk menggunakan pinjaman Air-Sanitasi dari KOMIDA. Dengan harapan kesejahteraan keluarganya akan meningkat dan itu dimulai dari kesehatan keluarganya. Kesejahteraan merupakan dambaan setiap manusia dalam hidupnya. Kesejahteraan dapat dikatakan sebagai suatu kondisi ketika seluruh kebutuhan manusia terpenuhi. Menjadi manusia yang sejahtera tentu menjadi salah satu tujuan hidup, namun kesejahteraan tidak dapat dicapai begitu saja.

Dorongan dan support yang kuat dari keluarganya membutnya sangat yakin dalam niat baiknya ini. Tidak ada keraguan dalam hatinya ini untuk mulai membangun WC dan Septic Tanknya sekaligus, dan semuanya hanya untuk kesehatan dirinya, suaminya dan ketiga permata hatinya. Menurut Ibu Yeni pembangunan Septic Tank adalah bagian terpenting dalam kesehatan lingkungan, karena lingkungan yang bersih dan sehat akan berdampak kebaikan dalam kesehatan untuk masyarakat sekitar dan terutama untuk keluarganya sendiri. Selain itu sungai yang biasa menjadi tempat pembuangan akhir dari mayoritas masyarakatnya ini akan sedikit berkurang limbahnya, dengan tindakan kecil yang dilakukan Ibu Yeni namun akan berdampak besar bagi masyarakat dan juga lingkungannya yang sangat dicintainya ini.

Ternyata pembangunanya tidak serumit yang Ibu Yeni pikirkan dari awal. Kurang dari seminggu, pembangunan WC dan Septic Tank sudah jadi dan siap untuk digunakan. Dan rasa syukur menjadi hal terindah atas capaiannya untuk pembangunan ini. Kini keluarganya tidak perlu lagi mengunjungi rumah mertuanya untuk mandi dan BAB, terlebih keluarga Ibu Yeni yakin akan kesehatan keluarganya akan meningkat. Sekarang Ibu Yeni sudah merasakan manfaat dari pembangunan ini dan beliau berharap masyarakat sekitar juga bisa mengikutinya. Untuk bersama-sama menjalankan hidup bersih dan selalu menjaga agar lingkungan sekitar bersih, sehat dan juga terjaga.

(fajar sidik/Cabang Cikalongkulon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *