Blog

February 19, 2019

Peran Koperasi Sebagai Lembaga ekonomi dan Lembaga pembelajar

Dalam Undang Undang Koperasi No 25 tahun 92 disebutkan koperasi adalah Badan Usaha yang beranggotakan orang-orang atau Badan Hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas azas kekeluargaan. Secara mendasar fungsi dan peran koperasi mencakup hal – hal seperti :

  • Memperkokoh ekonomi rakyat untuk ketahanan perekonomian nasional dan koperasi sebagai soko gurunya
  • Berusaha mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi
  • Membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota dan masyarakat untuk kesejahteraan ekonomi dan sosial
  • Berperan aktif dalam mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat

Kita semua tahu bahwa keberadaan koperasi sangat penting terutama dalam memberdayakan perempuan, menumbuhkan wirausaha baru skala mikro dan kecil. Koperasi mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai lembaga ekonomi dan sebagai lembaga pembelajar.

Bukti kongkrit koperasi dalam menjalankan peran Lembaga ekonomi dan Lembaga pembelajar bisa dilihat pada Koperasi Simpan Pinjam Mitradhuafa. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, KSP Mitradhuafa menggunakan sistem kumpulan yang dilakukan setiap minggu dan menerapkan sistem tanggung renteng kepada anggotanya. Kedua sistem yang digunakan tersebut mampu membuat fungsi ekonomi dan pembelajaran berjalan beriringan.

Nilai-nilai kearifan yang mulai tergerus zaman mampu dimunculkan kembali dengan sistem tanggung renteng. Dengan sistem tanggung renteng sikap dasar anggota seperti kebersamaan, kejujuran, keterbukaan, saling percaya, kedisiplinan dan bertanggung jawab dapat kembali dihidupkan. Dengan proses mekanisme pertemuan rutin atau kumpulan yang dilakukan setiap minggu, nilai-nilai tersebut tersebut dapat terus dipupuk untuk terus berkembang.

Dalam proses pengambilan keputusan misalnya harus dilakukan dengan cara musyawarah sehingga keputusan yang dibuat merupakan hasil kesepakatan bersama. Karena merupakan kesepakatan bersama maka apapun konsekuensinya harus ditanggung jawab secara Bersama juga. Demi menjalankan proses sistem ini secara konsisten dan sukses, maka dalam menjalankan proses pertemuan kelompok ini Koperasi Simpan Pinjam Mitradhuafa menyiapakan petugas lapang yang akan selalu melakukan pendampingan secara profesional.

Berita dan Artikel
About komida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *